02038 2200373 4500001002100000005001500021007000300036008004100039020002200080035002000102040002200122041000800144043000900152082001100161084001700172100006300189245013600252250002900388264003600417264001100453300002800464336002100492337003000513338002300543500003400566520091800600650002101518650002101539700002301560850001201583990002301595990002301618990002301641INLIS00000000053912220190927083950ta190927s yoi g ind  a978-602-401-661-6 a0010-0919000331 aSBPKHATbinderda aind aa-io a297.73 a297.73 ISM k aIsmail Suardi WekkeePenuliseIsmail Suardi WekkeePenulis aKepemimpinan transformatif pendidikan islam : gontor,kemodernan, dan pembelajaran bahasa /cPenulis, Ismail Suardi Wekke, Mat Busri aEdisi satu, cetakan satu aYogyakarta :bDeepublish,c2016 a©2016 ax, 128 halaman ;c23 cm 2rdacontentaTeks 2rdamediaaTanpa perantara 2rdacarrieraVolume aBibliografi : halaman 119-128 aPesantren bagi pendidikan nasional Indonesia, menjadi pilar pengembangan pendidikan. Di mana sebagian besar lembaga pendididkan justru berada dalam pengelolaan swasta. Dengan poesi yang besar tersebut, madrasah menjadi penyangga bagi kelangsungan pendidikan nasional sehingga berlangsung sampai saat ini. Tidak saja di pusat-pusat pemerintahan bahkansampai dipelosok negeri. Seperti di Papua dan Papua Barat, pendidikan Islam bersama-sama dengan warga yang multireligius lainnya menjadi solusi bagi pendidikan warga. Kehadiran pesantren menjadi mitra bagi keberadaan lembaga untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Di dalam buku ini menjelaskan tentang pendidikan Islam terutama terkait dengan pembelajaran bahasa di mana Gontor menjadi pionir dalam pendidikan Islam, bukan hanya di tingkat Indonesia namun juga untuk dunia Islam, dimulai dari Gontor yang sekarang berada dalam wilayah administrasi Negara Indonesia. 4aPendidikan Islam 4aPondok Pesantren0 aMat BusriePenulis aSBPKHAT a00728/B1/PPBH/2018 a00729/B2/PPBH/2018 a00730/B3/PPBH/2018