01969 2200361 4500001002100000005001500021035002000036007000300056008004100059040002200100100008300122245015500205250002000360300003100380504003500411020002200446041000800468082002000476084002000496264004200516336002100558337003000579338002300609520078600632650003401418650002101452700003001473850001201503990002301515990002301538990002301561990002301584INLIS00000000101046820201206105045 a0010-1220000217ta201206t yoi g ind  aSBPKHATbinderda0 aNurma Ali RidwanepengarangePengarangeNurma Ali RidwanepengarangePengarang1 aManajemen Pondok Pesantren :bupaya preventisasi kemunculan dan merebaknya aliran keagamaan menyimpang /cNurma Ali Ridwan ; editor, Mawi Khusni Albar aCetakan pertama aviii, 115 halaman ;c21 cm aBlibliografi : halaman 107-115 a978-602-548-278-6 aind 2[23]a297.734 1 a297.734 1 NUR m aYogyakarta :bLontar Mediatama,c2018 2rdacontentateks 2rdamediaatanpa perantara 2rdacarrieravolume aPendidikan pesantren bukan sekadar proses penanaman nilai-nilai moral keagamaan guna membentengi diri dari ekses negatif globalisasi. Lebih dari itu, yang paling urgenadalh bagaimana nilai-nlai moral yang telah ditanamkan oleh pondok pesantren tersebut mampu berperan sebagai kekuatan pembebas (liberating force) dari himpitan kemiskinan kebodohan , keterbelakangan sosial budaya dn ekonomi masyarakat. Pesantren adalh bagian dar infrastruktur masyarakat yang secara makro telah berperan menyadarkan komunitas masyarakt untuk memiliki idealisme, kemampuan intelektual dan perilaku mulia (al-akhlaq al karimah) guna menata dan membangun karakter masyarakat yang paripurna. Ini dapat dilihat dari peran strategis pesantren yang dikembangkan dalam kultur internal pendidikan pesantren 4aPondok pesantren--xManajemen 4aPendidikan Islam0 aMawi Khusni Albareeditor aSBPKHAT a2177/BU1/PPBH/2020 a2178/BU2/PPBH/2020 a2179/BU3/PPBH/2020 a2180/BU4/PPBH/2020