Cite This        Tampung        Export Record
Judul Psikologi Pembelajaran Matematika : Melaksanakan Pembelajaran Matematika Berdasarkan Tinjauan Psikologi / Uba Umbara
Pengarang Uba Umbara (Pengarang)
(Pengarang)
(Uba Umbara)
EDISI Edisi pertama, cetakan pertama
Penerbitan Yogyakarta : Deepublish, 2017
2017
Deskripsi Fisik 140 halaman ;25 cm
Konten Teks
Media Tanpa Perantara
Penyimpan Media Volume
ISBN 9786024018757
Subjek Psikologi Pembelajaran
Catatan Daftar Pustaka ; Halaman 132-136
Dalam perkembangannya, psikologi terbagi menjadi beberapa cabang. Salah satu cabang ilmu psikologi adalah psikologi pendidikan. Psikologi pendidikan menguraikan tahapan yang sistematis mengenai proses-proses yang harus dilakukan dalam melakukan kegiatan pembelajaran beserta masalah-masalah yang mungkin dihadapi oleh guru dalam proses pembelajaran. Buku ini, selanjutnya difokuskan pada pembahasan mengenai psikologi dalam pembelajaran matematika. Dalam pembelajaran matematika tugas seorang guru yang paling penting adalah meyakinkan peserta didiknya bahwa yang akan dipelajari merupakan konsep-konsep matematika yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari dengan menekankan bahwa matematika dibangun berdasarkan keterkaitan konsep. Berdasarkan hal tersebut, maka dalam pembelajaran matematika dibutuhkan pemahaman mengenai perilaku peserta didik dalam pembelajaran matematika. Salah satu usaha yang perlu dilakukan untuk memahami hal tersebut adalah dengan mempelajari psikologi pemb
Bahasa Indonesia
Target Pembaca Umum

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
0720191751 370.15 UBA p Dapat dipinjam UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta - Ruang Baca Umum Tersedia
0720191752 370.15 UBA p Dapat dipinjam UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta - Ruang Baca Umum Tersedia
0720191753 370.15 UBA p Tandon UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta - Ruang Tandon Tandon
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000538215
005 20191203011525
007 ta
008 190722s########yoi####g############ind##
020 # # $a 9786024018757
035 # # $a 0010-0719000197
040 # # $e RDA$b ind$a SBPKHAT
041 # # $a ind
082 # # $a 370.15 [23]
084 # # $a 370.15 UBA p
100 0 # $a Uba Umbara$e Pengarang$e Uba Umbara$e Pengarang
245 1 # $a Psikologi Pembelajaran Matematika : $b Melaksanakan Pembelajaran Matematika Berdasarkan Tinjauan Psikologi /$c Uba Umbara
250 # # $a Edisi pertama, cetakan pertama
264 # # $a 2017
264 # # $a Yogyakarta :$b Deepublish,$c 2017
300 # # $a 140 halaman ; $c 25 cm
336 # # $a Teks$2 rdacontent
337 # # $a Tanpa Perantara$2 rdamedia
338 # # $a Volume$2 rdacarrier
500 # # $a Glosarium ; Halaman 137-138
504 # # $a Daftar Pustaka ; Halaman 132-136
505 # # $a Dalam perkembangannya, psikologi terbagi menjadi beberapa cabang. Salah satu cabang ilmu psikologi adalah psikologi pendidikan. Psikologi pendidikan menguraikan tahapan yang sistematis mengenai proses-proses yang harus dilakukan dalam melakukan kegiatan pembelajaran beserta masalah-masalah yang mungkin dihadapi oleh guru dalam proses pembelajaran. Buku ini, selanjutnya difokuskan pada pembahasan mengenai psikologi dalam pembelajaran matematika. Dalam pembelajaran matematika tugas seorang guru yang paling penting adalah meyakinkan peserta didiknya bahwa yang akan dipelajari merupakan konsep-konsep matematika yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari dengan menekankan bahwa matematika dibangun berdasarkan keterkaitan konsep. Berdasarkan hal tersebut, maka dalam pembelajaran matematika dibutuhkan pemahaman mengenai perilaku peserta didik dalam pembelajaran matematika. Salah satu usaha yang perlu dilakukan untuk memahami hal tersebut adalah dengan mempelajari psikologi pembelajaran matematika. Psikologi pembelajaran matematika menurut Resnick dan Ford (1984) adalah ilmu yang mengkaji tentang struktur atau susunan bangunan matematika itu sendiri dan mengkaji juga tentang bagaimana seseorang itu berpikir (think), bernalar (reason), dan bagimana ia menggunakan kemampuan intelektualnya tersebut. Dalam buku ini, penulis menjabarkan mengenai konsep psikologi dalam kaitannya dengan pembelajaran matematika dengan memberikan kajian psikologi dan memberikan contoh implementasinya dalam pembelajaran matematika. Teori yang dibahas meliputi : pengantar teori psikologi, teori belajar Piaget, teori belajar Bruner, teori belajar Ausubel, teori belajar Gagne dan teori belajar Vygotsky. Dengan hadirnya buku “Psikologi pembelajaran matematika” ini diharapkan dapat membantu guru dalam mengungkap potensi yang dimiliki peserta didik dalam kegiatan matematika dengan tidak melupakan hakikat siswa sebagai manusia yang memiliki jati diri yang berhak diakui eksistensinya dan berbeda satu dengan lainnya. Melalui pemahaman mengenai psikologi psikologi pendidikan matematika diharapkan guru mampu melaksanakan tugasnya dengan baik, karena memiliki pemahaman yang jelas mengenai psikologi dalam mengajarkan matematika kepada siswa.
650 # # $a Psikologi Pembelajaran
850 # # $a SBPKHAT
990 # # $a 00986/B1/PPBH/2018
990 # # $a 00987/B2/PPBH/2018
990 # # $a 00988/B3/PPBH/2018
Content Unduh katalog